NEWS
DETAILS
Jumat, 05 Nov 2021 18:52 - Astra Motor Yogyakarta

Yogyakarta - Sebagai upaya menjalin silaturahmi, Astra Motor Yogyakarta, kembali menggelar media Gathering Safety Riding via zoom, Jumat (5/11/2021). 
Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta, Muhammad Ali Iqbal menyampaikan materi tentang helm yang baik seperti apa. Ia menyampaikan ada baiknya dalam menggunakan helm pilihlah helm yang berwarna cerah seperti putih, oranye, hijau, dan lainnya. 
Penggunaan helm berwarna cerah ini berfungsi sebagai sinyal bagi kendaraan lain. "Kita tidak tahu lampu sepeda motor itu sampai kapan, sehingga helm itu bisa menjadi sinyal. 
Kemudian helm sebaiknya double visor, yaitu kaca bening dan gelap yang digunakan di dua mode cuaca yaitu malam, dan siang," kata Muhammad Ali Iqbal. Tidak kalah pentingnya sebaiknya pilihlah helm yang punya logo SNI. Namun jangan tergiur helm harga murah yang ada logo SNI, karena banyak helm yang tiruan dan tidak sesuai dengan SNI. "Belilah helm di toko yang resmi, untuk menjamin keasliannya," jelasnya. 
Pastikan dalam menggunakan helm sesuai dengan ukuran kepala. Karena kalau terlalu sesak juga akan terganggu terkait peredaran darah di kepala sehingga mudah pusing.
Peran berkendara adalah mencari aman dan selamat sampai tujuan, bukan mencari musuh atau lawan. "Jangan sampai mengorbankan diri kita dan cita-cita hanya karena hal-hal sepele," imbuhnya. Masyarakat terkadang tidak bisa terhindar dari kecelakaan akan tetapi bisa diantisipasi dengan meningkatkan skill dalam berkendara. (*)

RELATED
NEWS