NEWS
DETAILS
Senin, 26 Oct 2020 22:22 - Astra Motor Yogyakarta

Seperti kita ketahui Sepeda Motor terdiri dari ratusan, bahkan ribuan spare part/komponen. Komponen-komponen tersebut di rangkai sedemikian rupa saling berkaitan dan terbagi beberapa system.  Satu sepeda motor terbagi 3 bagian besar:  Mesin, System Kelistrikan, System Rangka. Yang lebih penting lagi , ada banyak part safety yang  terdapat/terpasang pada sepeda motor. Salah satu part part safety motor Sport ataupun motor Cup adalah Drive Chain/Rantai Roda.

Pada system penggerak dengan rantai roda, daya dari mesin di antar ke drive sprocket dan diteruskan ke roda belakang melalui rantai roda dan driven sprocket. Standarnya rantai roda terdiri atas:

  1. Dua rollers dipasang di antara dua roller link plates.
  2. Kombinasi dari dua roller link plates yang di sambungkan ke sebuah kombinasi lain melalui sepasang pin link plates.
  3. Kombinasi bergantian dari dua roller link plates dan dua pin link plates membentuk sebuah rantai roda.

Masing-masing roller dapat berputar dengan bebas pada bagian luar dari masing-masing bushing.

Unjuk kerja pelumasan dari gemuk didalam rantai roda akan mengalami penurunan  karena berkurangnya  jumlah gemuk di dalam rantai selama pemakaian.

Untuk itulah rantai roda membutuhkan perawatan, pelumasan secara regular  untuk menjamin kinerja supaya tetap optimal.

Untuk pelumasan rantai roda gunakan  Gear Oil dengan SAE 80-90, atau bisa menggunakan pelumas rantai spray yang ada di pasaran.

Berikan Gear Oil ataun Chain Lube terutama pada bagian dalam rantai roda, pelumas akan menyebar ke seluruh rantai roda akibat gaya sentrifugal  yang disebabkan oleh rotasi rantai roda.

Jangan terlalu banyak memberi pelumas, jangan melumasi rantai roda dari sisi luar agar tidak terlempar keluar akibat perputaran rantai roda mengenai ban atupun part lain.

Jika rantai roda sangat kotor, debu kotoran atau pasir yang menempel pada rantai roda dapat menjadi bubuk penggosok, yang dengan cepat menimbulkan keausan pada rantai roda.

Bersihkan rantai roda dengan air detergen ,seka dengan kain lap kemudian stel keregangan rantai dan beri pelumas.

Ganti rantai roda yang sudah longgar/aus, satu set dengan drive sprocket dan driven sprocket, dengan demikian kita pengendara tetap nyaman dan safety dalam berkendar.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK