NEWS
DETAILS
Selasa, 31 Aug 2021 22:39 - Astra Motor Yogyakarta

Yogyakarta - park plug atau dikenal luas sebagai busi merupakan komponen penting yang ada dalam sistem pembakaran mesin sepeda motor Honda dan sepeda motor pada umumnya. Komponen ini berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh coil menjadi percikan api yang membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin yang telah dikompresi. 
Karena perannya yang sangat vital, Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro memaparkan bahwa kondisi elektroda di bagian kepala busi menggambarkan kondisi pembakaran di mesin sepeda motor Honda kesayangan. Berikut ini kondisi elektroda beserta indikasi yang menyertainya, 


1. Kondisi elektroda berwarna Putih Pucat - Kondisi ini menunjukkan bahwa busi dalam keadaan terlalu panas.
Jika tidak segera ditangani, maka komponen mesin di ruang bakar akan lebih cepat rusak, bahan bakar menjadi lebih boros, dan akselerasi motor menurun.
Untuk menghindari kondisi ini, pastikan spesifikasi busi sesuai rekomendasi buku pedoman pemilik dan lakukan penggantian tipe busi dengan spesifikasi yang sesuai. 


2. Kondisi elektroda berwarna Hitam dan kotor – kondisi ini mengindikasikan adanya ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara.
Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin jadi sulit dihidupkan, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros. 
Kondisi elektroda berwarna Hitam dan kotor – kondisi ini mengindikasikan adanya ketidakseimbangan campuran bahan bakar dan udara. Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin jadi sulit dihidupkan, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros.


3. Kondisi elektroda berwarna Hitam dan berlumur oli – kondisi ini bisa menjadi indikasi adanya kebocoran ring piston sehingga oli mesin yang masuk ke ruang bakar.
Kondisi ini bisa mengakibatkan pembakaran tidak sempurna dan gas buang yang dikeluarkan melalui knalpot menjadi lebih pekat.
Selain meningkatkan polusi udara, kondisi ini juga mengganggu pengendara lain.
Segera periksa tekanan kompresi dan kondisi busi jika kondisi ini terjadi. 


4. Kondisi elektroda Aus - busi dapat menjadi aus jika pengapian terlalu cepat dan kurangnya waktu pendinginan.
Dampaknya sepeda motor akan menurun kemampuan akselerasi dan power yang dikeluarkan.
Pastikan jenis bahan bakar yang digunakan telah sesuai dengan buku pedoman pemilik sepeda motor Honda agar busi terhindar dari kondisi aus.
Jika diperlukan segera ganti busi dengan yang baru. 


5. Kondisi elektroda berwarna abu-abu atau merah bata - Warna abu-abu atau merah bata pada ujung besi atau insulator mengindikasikan bahwa kondisi busi dalam keadaan baik dan normal.


Pada kondisi ini, proses pembakaran di ruang mesin pun dalam keadaan optimal dan efisien. Sehingga akselerasi dan power sepeda motor pun optimal.

 
“Setiap komponen sepeda motor harus kita perhatikan. Oleh karena itu selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan secara rutin di bengkel AHASS agar performa sepeda motor selalu optimal dan dapat diandalkan di setiap kesempatan. Selalu gunakan Honda Genuine Parts agar mendapatkan kualitas terbaik sesuai dengan standar pabrikan,” pungkas Danang Priyo Kumoro. (*)

 

RELATED
NEWS