NEWS
DETAILS
Jumat, 29 Oct 2021 18:48 - Astra Motor Yogyakarta

Yogyakarta - Tips memarkirkan motor dari pakar safety riding, ternyata biar aman ada teknik rahasianya. Tentu saja para pengguna motor seringkali memarkirkan motornya saat sedang tidak digunakan. Namun sudah pada tahu belum?  Bahwa ada aturannya bagaimana cara memarkirkan motor dengan aman dan tepat. 
Jangan-jangan, belum banyak yang tahu, kapan harus menggunakan standar samping atau tengah saat parkir Motor. Padahal penggunaan standar mootor baik samping maupun tengah ada ketentuan yang perlu diperhatikan. Hal itu seperti diungkapkan oleh Muhammad Ali Iqbal, Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta.
Menurutnya, pengguna motor lebih baik memperhatikan kondisi medan di lokasi parkir terlebih dulu. "Bila medannya datar, menggunakan standar samping maupun tengah sama-sama aman," kata Muhammad Ali Iqbal, Jumat (29/10/2021). Namun apakah standar samping saja sudah cukup?
Tapi meski sama-sama aman, Iqbal menyarankan bikers agar menggunakan brake lock di sisi rem kiri untuk skutik. Sedangkan untuk motor sport dan cub, dianjurkan untuk memasukan ke gigi rendah saat parkir. "Untuk medan miring, bikers harus mengetahui seberapa kemiringan motor agar aman," lanjut Iqbal.
Namun kalau kemiringannya ekstrem, agar lebih aman sebaiknya mencari tempat parkir dengan medan yang datar. "Tapi bila terpaksa parkir di medan miring, disarankan menggunakan standar samping," tuturnya.
Iqbal juga menyarankan, agar pengguna motor mengarahkan setang kemudi ke kiri saat memarkirkan motor. Hal itu bertujuan untuk menambah keamanan motor agar tidak tergelincir karena ban depan sudah terkunci. 
Sebagai penutup ia mewanti pengguna motor untuk menjada keamananan motornya. "Jangan lupa tutup kunci pengaman kontak untuk meminimalisir terjadinya aksi curanmor," tegasnya.(*)

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK